Selasa, 05 Mei 2015

Motivasi Hidup

Oleh : RACHMAN FIRDAUS, S.Pd
Guru Pada SMPN 1 Nagawutung – Lembata

Kebahagiaan hakiki bagaikan senandung kebebasan tetapi bukan kebebasan itu sendiri. Kebahagiaan sejati ibarat sesuatu yang tengah terjebak dalam sebuah ikatan yang berupaya untuk mengembalikan sayap-sayapnya tetapi tak mampu melingkari luasnya cakrawala

Sang Pencipta memberikan kita potensi untuk dikembangkan, secara positif dan semaksimal mungkin. Jadi, jangan mengizinkan keadaan apapun memenjarakan pikiran kita. Mulailah Memikirkan sebuah kemenangan dari pada sebuah Kekalahan.

Sebuah pandangan dari mata seorang wanita membuat sang lelaki paling bahagia didunia, namun satu kata dari sepasang bibir seorang lelaki akan membuat seorang wanita menjadi kaya atau miskin.

Kebodohan mengajarkan manusia untuk mendaki jalan yang akan menghantarnya menuju pendewasaan diri. Demikian juga cinta dan kasih sayang akan membangkitkan jiwa manusia dari ranjang duka lara.

Tak sesekali bunga akan kembali kepelukan kehidupan, kecuali lewat kematian. Demikian pula cinta tidak akan bersemi kecuali setelah perpisahan.

Inilah saat dimana kemabukan hidup telah memisahkan diri dari kesadaran. Inilah percikan api pertama yang menyinari persemayaman hati yang paling dalam. Inilah catatan mitos pertama yang dipetik dari dawai hati manusia. Inilah perjalanan sekilas sang waktu yang tak dapat dilipat oleh jiwa dalam lembar sejarah manapun, dan membukakan pandangan-pandangannya diwaktu malam serta menyibak tirai hati nurani.

Siapapun yang memahami perempuan, mengagumi kecerdasannya, atau bahkan mengungkap misteri kesunyian dirinya adalah laki-laki sejati yang bangun dari sebuah mimpi indah.

Hidup yang tidak diselimuti cinta bagaikan batang pohon yang tidak menyimpan kembang dan buah. Seperti cinta yang tidak dihiasi keindahan tak ubahnya bunga yang tak menebarkan wewangian atau buah yang tak mengerami bebijian. Hidup, cinta dan keindahan adalah tiga wujud dalam satu hakikat yang berdenyut dalam keserasian tunggal dan tidak pernah dapat dirubah, apalagi dipisahkan.

Seiring dengan kedewasaan yang menjenterai diriku. Cintapun bersemi dan kemudian menjelma menjadi penguasa mutlak. Kupenuhi segala hasratnya dengan hasratnya dengan untaian kasih sayang yang bersumber dari kedalaman hatiku. Cinta mengundangku keperaduannya dan senantiasa mentasbihkannya dalam petilasan hatiku yang paling dalam. Disaat itulah cinta betul-betul mendekapku erat-erat.

Bertahanlah dalam luka dengan cara yang terpuji, niscaya Tuhan akan menyiapkan keindahan yang lebih layak.

Semua manusia memiliki hak, kita juga berhak mendapatkan apa yang kita inginkan, selagi itu positif dan tidak merugikan banyak orang.

Kalau ingin maju jangan tengok ke belakang, arah belakang kita jadikan sebagai motivasi, penuntun dan pengubah untuk menjadi yg lebih baik.

Jangan menyerah atas impianmu. Impian memberimu tujuan hidup. Ingatlah, bahwa sukses bukan kunci utama kebahagiaan. Semangat!

Andaikan kita sanggup melihat bahwa kemalangan yang telah mengalahkan kita dalam hidup, adalah kekuatan yang menerangi pelita hati kita dan membangkitkan gelora sukma dari ruang cemoohan menuju singgasana kemuliaan, maka percayalah. Kita akan merasa puas dengan apa yang kita miliki saat ini dan akan menganggapnya sebagai harta pusaka yang membuat kita semakin bijak dan dewasa dalam menjalani aktivitas hidup dan kehidupan.

Saat engkau telah mengerti sebuah persoalan dengan baik, hadapilah persoalan itu dengan berpikir dan berjiwa besar walau harus dengan menempuh jalan berliku, karena itulah jalan yang akan membawamu keluar dari persimpangan jalan berlubang.

Air mata dan ratapan layak untuk dialami oleh setiap manusia yang berdiri tegak di depan singgasana kehidupan dan kemudian meninggalkannya tanpa menyimpan setitik keringat yang menetes dari alisnya, telapak tangannya, atau setetes darah yang menitik dari kelopak hatinya.

Seorang bijak yang memegang teguh keimanannya berpapasan dengan sejoli muda yang berjalan saling berdekapan dalam buaian kemabukan cinta, serentak ia melemparkan tatapannya kelangit dan berbisik "sungguh ini adalah panorama yang sangat nista". betapa nistanya segala apa yang bersemayam di bawah kilau mentari.

Dalam bentangan proses menuju pendewasaan diri, setahap demi setahap pikiran meningkat dari eksperimen hidup dan kehidupan dengan berbagai teori ilmiah intelektual menuju ketingkat ruh spiritual hingga akhirnya menghadap kehadirat Tuhan dalam jiwa yang sempurna.

Kurasakan diriku teramat jauh dan asing dengan keriuhan orang-orang ketika aku tengah bergerombol bersama mereka. Namun kurasakan diriku teramat dekat ketika mereka semua telah berada jauh dariku.

Dalam hidup ini, Tuhan telah bangkitkan jiwa kita laksana pancaran cahaya yang berkilau benderang. Jiwa menggeliat kian merona indah bila kita telah mampu mengungkap misteri hidup dan kehidupan kita.

Pandangan dapat dijadikan senjata ampuh bagi kita untuk menaburkan riak-riak cinta pada semua aspek kehidupan karena pandangan pertama adalah penyingkap keabadian masa depan.

Setiap kesuksesan itu indah. Keindahan itu anugerah. Anugerah itu??????????

Hakikat dari sebuah Kebahagiaan itu adalah ketika kita mampu membuat orang merasa sempurna, BUKAN menjadikan ketidaksempurnaan orang lain sebagai senjata tuk melumpuhkan kebahagiaannya dan membuatmu merasa lebih sempurna.

Manfaatkan masa sehatmu sebelum datang sakitmu. Manfaatkan masa kayamu sebelum datang miskinmu. Manfaatkan waktumu semasa hidup sebelum ajal menjemput.

Bahagianya hidup ini karna "KEBERSAMAAN". Kebersamaan itu indah karena "CINTA". Cinta itu bersemi karna "KASIH SAYANG". Kasih sayang itu ada karena saling "MENGERTI DAN MEMAHAMI". Saling mengerti dan memahami itu adalah wujud dari "SALING MENDENGAR". Saling "MENDENGAR" adalah kunci dari kebahagiaan hidup bersama dengan orang lain. Upayakan untuk saling "MENDENGAR" dalam menjalani aktivitas hidup menuju manusia yang berkualitas dalam hidup dan kehidupan.

Ketika kita tidak mampu membuat orang lain tersenyum, setidaknya kita jangan sampai membuatnya menangis.

Kesempatan terbaik itu tidak datang dua kali. Kesempatan itu datang saat kita masih ragu tuk menentukan pilihan. Setiap aktivitas hidup yang kita lakukan, pasti ada resiko yang akan kita hadapi nantinya.

Orang yang berani adalah mereka yang ikhlas mengambil kesempatan tanpa ada keraguan dan siap menerima konsekuensi dari tindakan tersebut.

HIDUP tak selalu sesuai dengan KEINGINAN kita. Selalu ada MASALAH, namun masalah membawa PENGALAMAN dan pengalaman membawa kepada KEBIJAKSANAAN, jika kita MAMPU memberikan MAKNA yang TEPAT

Mengeluh tentang penderitaan masa lalu adalah cara yg pasti utk mendatangkan satu lagi penderitaan. Dan bangkitlah! Jalani hidupmu dengan semangat yang baru. Jadikan penderitaan itu sebagai refleksi hidup.

Hakikat dari sebuah Kebahagiaan itu adalah ketika kita mampu membuat orang merasa sempurna BUKAN menjadikan ketidaksempurnaan orang lain sebagai senjata untuk melumpuhkan kebahagiaannya dan membuatmu merasa lebih sempurna.

Semakin kita berdiam diri semakin kita diremehkan orang lain. Disaat itulah tabungan derajat kita semakin meningkat pada saatnya nanti

0 komentar:

Posting Komentar