Selasa, 05 Mei 2015

MEDDONISASI DI ERA PENDIDIKAN MODERNISASI


Oleh : RACHMAN FIRDAUS, S.Pd
Guru Pada SMPN 1 Nagawutung – Lembata

Akhir-akhir ini terungkap banyak kasus asusila pada dunia pendidikan tanah air khususnya di NTT. Salah satu kasus yang dilansir oleh Pos Kupang (Senin, 23 Maret 2015), Lembaga Non Profit, On the Ttack Media Indonesia (OTMI) menemukan fakta-fakta seperti minimnya komunikasi antara siswa, guru, dan orang tua serta ditemukannya video porno berseri disalah satu SMP di NTT.

Seiring dengan merosotnya moralitas bangsa yang terpapar dihadapan kita sehari-hari terus meningkat dan sulit dibendung yang dapat disaksikan dengan mudah melalui media elektronik dan media cetak. Berita-berita yang dilansir media tersebut tidak pernah terlepas dari tindak kekerasan yang terjadi dimasyarakat yang dilakukan oleh hampir seluruh tingkat usia. Pelaku bukan hanya orang yang tidak pernah tahu sekolah  tetapi juga yang sedang mengenyam pendidikan mulai dari tingkat sekolah Dasar sampai pada tingkat Perguruam Tinggi. Peristiwa semacam inilah yang disebut sebagai Meddonisasi (Bahasa Lamaholot, Meddo berarti sesuatu yang terlihat buruk atau tidak baik).

Meddonisasi merupakan cara berpikir dan bertindak yang dilakukan oleh individu maupun sekelompok orang dalam tatanan aktivitas hidup yang tidak didasarkan pada norma-norma agama, sosial, adat istiadat, dan norma hukum yang berlaku dilingkungan masyarakat. Hal ini juga tidak terlepas dari adanya perubahan - perubahan yang diakibatkan oleh Modernisasi diberbagai aspek kehidupan sehingga turut mempengaruhi cara berpikir dan bertindak setiap individu maupun kelompok dalam aktivitas hidupnya.

Faktor Penyebab Merosotnya Pendidikan Di era Modernisasi

Menurut Condless (1990), seiring dengan perkembangan anak, maka terjadilah Nilai penghargaan dari orang tua dalam beberapa hal mulai berkurang, Keterdekatan orang tua dengan anak mulai berkurang, Orang tua secara bertahap memindahkan penghargaan dari perilaku tergantung pada kemandirian, Nilai-nilai penghargaan dari kelompok teman sebaya meningkat, Dengan pertumbuhan fisik, kekuatan dan keterampilan, anak lebih sering memperoleh kesempatan untuk menguasai lingkungan dengan memperkuat kemandirian secara mandiri

Hal tersebut menjadi bagian dari faktor penyebab Kegagalan bangsa kita selama ini bahwa kita memiliki Sumber Daya Manusia yang bukan hanya kecerdasan akademik semata tapi juga sikap dan moralitas yang rendah dan memprihatinkan yang berakibat menjamurnya kekerasan dalam konflik sosial, ekonomi, dan keagamaan serta perbuatan melawan hukum. Proses pendidikan yang berjalan sepanjang ini telah melahirkan berbagai perubahan yang dinamis dan fleksibel serta cenderung praktis dan instan.

Merosotnya kualitas pendidikan suatu bangsa akan berdampak terhadap merosotnya kualitas Sumber Daya Manusia suatu bangsa, merosotnya kualitas sumber daya manusia suatu bangsa adalah pertanda kehancuran suatu bangsa.

Langkah Strategis Mencegah Perilaku Meddonisasi di Era Modernisasi

Langkah strategis yang pertama adalah.... Selengkapnya klik link berikut MEDDONISASI DI ERA PENDIDIKAN MODERNISASI

Download juga artikel pendidikan matematika di sini

0 komentar:

Posting Komentar