Senin, 26 Februari 2018

Download Syarat dan Kelengkapan OGN 2018

Pada tahun-tahun sebelumnya Olimpiade Guru Nasional (OGN) untuk guru SD dan SMP yang diselenggarakan melalui Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, seleksinya dilakukan secara offline mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga ke tingkat nasional.

Prosedurnya bisa terbilang rumit, bahkan banyak kejadian janggal. Berdasarkan pengamatan penulis, ada kabupaten/kota yang mengirimkan perwakilan gurunya ke tingkat provinsi maupun pusat tanpa melalui tahapan yang telah ditentukan sesuai pedoman.

Atas dasar keluhan dan juga saran beberapa guru, yang daerah (kabupaten) nya tidak pernah menyelenggarakan berbagai event seperti OGN, dan juga Guru Berprestasi (GUPRES), akhirnya prosedurnya pun diubah pada tahun ini.

Pada tahun-tahun sebelumnya, diambil terbaik 1, 2, dan 3 ke tingkat provinsi berdasarkan seleksi pada tingkat kabupaten/kota yang dilakukan oleh dinas pendidikan. Begitu pun selanjutnya, akan diambil hanya terbaik 1 ke tingkat nasional berdasarkan seleksi pada tingkat provinsi.

Pada tahun ini prosedurnya sedikit berubah. Dinas pendidikan kabupaten/kota hanya memfasilitasi guru untuk mengikuti seleksi administrasi yang dilakukan secara online melalui http://kesharlindungdikdas.id yang dilaksanakan pada tanggal 27 Februari s.d 9 Maret 2018

Peserta seleksi tingkat provinsi adalah peringkat pertama tingkat kabupaten/kota. Namun ada sedikit catatan, apabila tidak tersedia anggaran untuk penyelenggaraan OGN di provinsi, untuk akornodasi dan transportasi peserta ditanggung oleh dinas pendidikan kabupaten/kota atau peserta melalui satuan pendidikan. Seleksi nya dilaksanakan antara tanggal 19 s.d. 29 Maret 2018

Peserta seleksi tingkat nasional adalah peringkat pertama tingkat provinsi. Seleksi diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 28 April s.d . 3 Mei 2018 berupa tes tertulis, eksperirnen/eksplorasi/unjuk kerja, dan presentasi.

Sebelum mempersiapkan segala administrasi pastikan anda terdaftar pada kesharlindung dikdas. Jika belum memiliki akun, silahkan klik http://kesharlindungdikdas.id pilih Daftar. Pada kolom NUPTK, dapat anda isikan dengan NIK, jika anda yang belum memilikinya. Gunakan email yang aktif, karena akan ada email konfirmasi dari admin untuk user name dan juga password

Adapun persyaratan administrasi yang perlu disiapkan peserta sebagai tahapan awal dalam rangkaian kegiatan ini dapat di lihat pada file berikut.
atau dapat diunduh secara langsung (di sini) Untuk mengetahui informasi lebih jelas silahkan unduh Surat Informasi OGN 2018 (di sini) dan Pedoman OGN 2018 (di sini)

0 komentar:

Posting Komentar