Jumat, 09 Februari 2018

PPG tahun 2018

Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2018 sebentar lagi akan dimulai dari rencana pemerintah untuk diberikan untuk 70.000 guru, namun dengan catatan 20.000 nantinya akan menjadi tanggungjawab pemerintah pusat dan 50.000 sisanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah atau satuan pendidikan. Lalu apakah hal itu dapat terwujud terutama yang menjadi tanggungjawab pemerintah daerah atau satuan pendidikan? Tunggu saja

Saat ini melalui situs resminya http://ap2sg.sertifikasiguru.id/pub/index.php pemerintah sedang mempersiapkan penetapan peserta PPG dalam jabatan sebagai kelanjutan dari pretes PPG. Seperti yang dipantau admin ilowutung, guru yang telah dinyatakan lulus melalui situs tersebut wajib memenuhi beberapa persyatan yang dapat dicek langsung melalui situs ap2sg. Syarat-syarat tersebut memang cukup rumit dibandingkan dengan pola sebelumnya melalui PLPG. Namun yang terpenting adalah kesiapan individu guru tentunya.

Dari presentase kelulusan pretes PPG tahun 2018 untuk kabupaten lembata hanya mencapai 0,07% dari total yang mengikuti pretes 340 guru baik dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Ini menunjukkan jika kualitas guru-guru di kabupaten yang terkenal dengan tradisi lamafa ini memang perlu ditingkatkan. Lantas apakah masalah ini sudah benar-benar menjadi bagian dari agenda pemerintah daerah melalui dinas pendidikan setempat? Mari kita doakan bersama.

Berangkat dari masalah tersebut, dan juga pengalaman dalam PLPG tahun-tahun sebelumnya maka, admin ilowutung telah menyiapkan beberapa file berupa bentuk soal UTN dan juga penyelesaiannya khusunya mata pelajaran matematika yang dapat dijadikan acuan untuk para guru dalam mempersiapkan diri menghadapi PPG tahun ini.


Untuk memperoleh file di atas, klik pada tautan berikut Soal dan Pembahasan UTN Tahun 2017.  Semoga bermanfaat dan jadilah guru yang tak pernah berhenti untuk belajar.

0 komentar:

Posting Komentar