Senin, 07 Januari 2019

tutorial membuat akun di kesharlindung







Setiap "guru" pasti ingin berprestasi layaknya siswa yang ia didik, namun tidak semuanya terwujud karena minimnya kegiatan lomba yang diadakan di daerah maupun informasi. Untuk itu kementererian pendidikan melalui subdit kesejahteraan, penghargaan dan perlindungan guru (kesharlindung) baik dikdas maupun dikmen membuka kesempatan itu secara terbuka untuk semua guru di pelosok tanah air.

Hanya saja nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK) menjadi syarat mutlak untuk mengikuti berbagai kegiatan perlombaan yang diadakan kemdikbud seperti olimpiade guru nasional (OGN), inovasi pembelajaran (Inobel), dan anugerah konstitusi, atau pun kegiatan pengembangan diri seperti bimbingan teknis perlindungan profesi, seminar nasional, dan literasi.

Bagi anda yang masih belum memiliki NUPTK silahkan hubungi operator sekolah anda untuk melakukan proses pengusulan. Selain NUPTK yang menjadi syarat mutlak dalam melakukan pendaftaran syarat wajib lainnya adalah email yang masih aktif. Hal ini untuk konfirmasi akun dari system sebelum anda login.

Baik NUPTK maupun email, keduanya dapat digunakan sebagai username atau nama pengguna. Sehingga dalam pengajuannya anda hanya perlu mengususlkan password tidak untuk username. Untuk memulainya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:


  1. Buka mesin browser anda misalnya chrome dan ketikkan alamat https://kesharlindungdikdas.id untuk guru SD/MI dan SMP/MTs sedangkan https://kesharlindungdikmen.id bagi guru SMA/MA dan SMK
  2. Klik pada menu Daftar
  3. Langsung pada kolom NUPTK, isikan NUPTK anda dan klik pada tombol cek, maka secara otomatis nama dan NIK anda akan terbaca oleh system
  4. Isikan semua kolom wajib yang bertanda bintang (*) yang tanpa tanda bintang boleh diabaikan


Apabila memasukkan NPSN sekolah anda, dan belum terbaca oleh system, maka tugasmu adalah menambahkan data sekolah dengan cara klik pada tombol tambah sekolah maka akan tampil sebuah halaman baru untuk anda bekerja. Setelah mengisi semua data secara lengkap dan benar, klik pada tombol simpan maka secara otomatis data sekolah anda sudah masuk ke dalam system.

Untuk lebih jelas silahkan simak video tutorial berikut ini


Semoga bermanfaat. Salam

2 komentar:

Unknown mengatakan...


Saya menambahkan sekolah dan data sudah tersimpan. Tetapi kemudian saya baru menyadari bahwa nama sekolah keliru 1 huruf. Saya mencoba kembali mengedit utk perbaikan 1 huurf itu, tetap invalid, karena NPSN terlah terdaftar (utk sekolah yang salah huruf tadi tentunya) akhirnya saya tidak meneruskan, jadi belum punya akun. Tetapi tiap kali pengin punya akun, tetap saja sy terganjal di situ. Mau sy teruskan meskipun salah, ada rasa tanggung jawab moral juga. Bagaimana ya solusinya? Saya jadi merasa bersalah sekali, memasukan data sekolah saya.

Hyronimus Lado mengatakan...

Maaf untuk situs kesharlindung sudah beralih ke https://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id/kegiatan/pendaftaran
Silahkan kbali mendaftar ke sana