Sabtu, 29 April 2017

Pesan buatmu yang tak sempat terucap

Sumber: mozaik.inilah.com

Dear
Siswa/i kelas IX SMPN 2 Nubatukan

Segala yang ada dan terjadi merupakan karunia yang Maha Kuasa, dan kita manusia hanya bisa menjalankan apa yang telah dilukiskanNya. Demikianlah kata "perpisahan" merupakan akhibat dari suatu pertemuan, dan itulah hakikatnya. Sadar atau tidak, lukisan yang diberikanNya, telah kita warnai bersama selama kurang lebih satu tahun enam bulan.

Sebagai makluk yang lemah, kita tentunya tidaklah sempurna dihadapanNya. Namun kita selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik bagiNya. Demikian juga diriku selaku guru dan temanmu selama ini, mungkin tidak sebaik yang kamu harapkan. Namun itulah yang terbaik yang dapat kupersembahkan buat dirimu sebagai bentuk pelayananku pada yang empunya kehidupan.

Pesan ini harusnya kusampaikan langsung kepadamu semua untuk mengakhiri proses pembelajaran yang selama ini telah terjadi. Namun karena padatnya rangkaian kegiatan yang dibebankan para pengambil kebijakan kepadamu, telah berhasil memaksakanku untuk menuliskan ini untukmu.

Sebagai guru dan teman yang baik, mungkin selama ini dalam proses pembelajaran, ada kata, kalimat ataupun perbuatan dariku yang telah menyakitimu semua,  dari lubuk hati yang paling dalam saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Terapkanlah hal yang baik yang dapat kamu petik selama ini, dalam situasimu yang baru nanti. Dan lupakan hal yang tidak baik yang pernah kamu lihat ataupun kamu alami selama ini.

Tak terasa, tinggal hitungan jam kalian semua akan menghadapi ujian nasional yang selama ini katamu merupakan hal yang paling menakutkan. Namun seperti yang selalu kuperingatkan padamu semua, bahwa jangan lagi terlintas dalam pikiran kalian untuk mendewakan ujian nasional, apalagi mendewakan matematika. Sebab nilai baik yang tertera di atas kertas, tidaklah mmenjamin bahwa perilaku sesorang pun demikian.

Oleh karena itu, kerjakanlah semua bentuk soal yang diberikan dengan sejujur jujurnya. Karena hanya itulah satu-satunya yang kuharapkan darimu semua. Sebab kuyakin dan percaya bahwa hanya orang jujurlah yang akan meraih kesuksesan kelak. Sebagai akhir kata, salam dan doa dari keluargaku senantiasa mengiringi langkah kehidupanmu semua. Dan semoga berkat Tuhan Lera Wulan Tanah Ekan, serta restu dari Leluhur Lewo Tanah selalu menyertai kalian semua.

Salam sukses dari gurumu, 
Hyronimus Lado

0 komentar:

Posting Komentar