Kamis, 31 Maret 2016

Antara menguji dan diuji


Program percepatan kuliah bagi guru yang belum memiliki kualifikasi pendidikan S1 yang diselenggarakan oleh Universitas Nusa Cendana Kupang bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Lembata menurut pemikiran kerdil saya sangatlah membantu. Sebab tidak ada kata terlambat bagi semua orang yang mau terus belajar, walapun wajah tampaknya lelah karena harus mengerjakan tugas dan pada akhirnya harus diuji pula.

Sayapun turut merasakan betapa berbanding terbaliknya situasi dimana yang biasanya memberikan tugas, memberikan ujian, kini harus diberi tugas dan diuji. Tetapi saya percaya hal itu hanya bagian kecil pengeluhan orang-orang yang disebut kaum intelek ini. Dalam hati kecil saya berbisik "seandainya ada universitas di Lembata selain UT, mungkin para guru saya tidaklah mengalami hal demikian". Kini kuliah perdanapun telah berjalan pada awal bulan Maret lalu, menandakan para guruku kembali menyandang status "mahasiswa".

Walaupun umur sudah senja, tetapi semangatnya seakan menyadarkan saya sebagai mantan murid yang juga rekan kerjanya kini, untuk turut ambil bagian demi mengurangi kerutan yang semakin hari semakin bertambah jumlahnya diwajah lusuhnya kini.

File-file ini merupakan tugas diskusi, presentasi, dan tugas mandiri dari beberapa topik matematika SD yang dibahas dalam perkuliahan semester ini. Telah saya bahas secara keseluruhan, dan semoga dapat membantu. Selamat belajar

ARITMETIKA
PERBANDINGAN
STATISTIK
KPK&FPB
BILANGAN


Kritik dan saran disampaikan melalui kontak yang tertera pada catatan kaki setiap file. Terimakasih

0 komentar: