Selasa, 21 April 2015

soal dan pembahasan ujian nasional tahun 2015


Ujian Nasional SMP/MTs tinggal menghitung hari. Apakah berjalan mulus, tanpa kendala seperti yang terjadi pada tingkat SMA/MA, SMK? Untuk menghasilkan generasi yang jujur saat ini mungkin masih terhambat dengan berbagai faktor, namun sebagai pendidik hal ini harus terus diperjuangkan.

Berbicara soal kejujuran dalam ujian nasional menurut Anis Baswedan sebagai menteri pendidikan, Kabupaten Lembata termasuk salah satunya. Hal ini menjadi kebanggaan bagi kita masyarakat terutama para pendidik di kabupaten Lembata, walaupun masih terdapat beberapa kecurangan yang tak dapat diungkapkan karena keterbatasan bukti.

Menjelang UN biasanya para siswa khususnya kelas 6, 9, dan 12, selalu disibukkan dengan studi atau les sore yang kebanyakan dikeluhkan para orangtua murid. Waktu istirahat dan membantu orangtuapun tersita hanya karena hal ini. Sadar atau tidak, sebagai pendidik kita merasa seolah-olah 6, 9, bahkan 12 tahun bagi siswa untuk belajar tidak cukup sehingga harus ditambah. Ini hanya mau menunjukkan bahwa bukan murid yang merasa khawatir jika tidak lulus dalam ujian, namun justru gurulah yang merasakan demikian.

Saat-saat menjelang ujian nasional seperti sekarang, siswa justru tidak ingin berbelit-belit dalam proses pembelajaran. Oleh karenanya banyak guru yang mulai memberikan trik-trik penyelesaian soal, dan hal lain yang bertujuan untuk mudah lulus dalam ujian nasional. Berikut ini adalah sebuah buku hasil karya anak pedalaman yang dapat membantu kesulitan siswa dalam berbagai macam soal ujian nasional khususnya mata pelajaran matematika. Buku ini dapat dipesan di sini, dan dibandrol dengan harga Rp70.000,00. Namun untuk saudara-saudaraku yang tidak memiliki biaya cukup didownload di sini. Semoga dapat membantu

0 komentar:

Posting Komentar