Selasa, 09 Juni 2015

Seleksi masuk PTN melalui SBMPTN


Masuk Perguruan Tinggi Negeri, merupakan impian kebanyakan siswa lulusan SMA/MA/K. Namun sayangnya, banyak juga yang gagal dalam seleksi SNPTN, SBMPTN, dan sejenisnya, hingga akhirnya memilih perguruan tinggi swasta. Tetapi ada juga yang terus mencoba hingga sukses.

Banyak calon mahasiswa baru, pagi tadi telah mengikuti seleksi SBMPTN yang diselenggarakan di beberapa perguruan tinggi yang tersebar di seluruh pelosok tanah air. Tentunya semua mereka berharap, agar dapat lolos dalam seleksi kali ini.

Tetapi sayangnya, masa peralihan untuk menjadi calon mahasiswa baru, maupun setelah menjadi mahasiswa baru sering menjadi kendala utama. Hal ini sering dikeluhkan para dosen yang mengasuh mata kuliah dasar pada awal semester. Padahal banyak dari mereka yang terpaksa harus membayar guru les, ataupun ikut bimbingan belajar, demi kematangan masuk PT.

Soal-soal yang ditemukan dalam SBMPTN, maupun SNPTM, seringkali dianggap mereka sebagai sesuatu hal yang benar-benar asing. Padahal jika dicermati dengan baik, soal-soal tersebut tidak keluar dari konsep yang telah dipelajari di tingkat SMA/MA/MK.

Berikut ini beberapa jenis soal matematika yang telah diujikan pagi tadi, dan dikhawatirkan oleh para guru jika soal-soal tersebut tidak dapat diselesaikan oleh kebanyakan calon mahasiswa baru, khususnya di wilayah timur Indonesia. Namun sebelumnya, mohon dikoreksi. Bila ada kejanggalan, masukan dan sarannya sangat diharapkan. Semoga dapat bermanfaat, dan menghilangkan rasa kekhawatiran itu. Untuk mengunduhnya, klik tautan berikut soal dan pembahasan sbmptn tahun 2015

0 komentar:

Posting Komentar