Pada postingan sebelumnya, admin ilowutung telah berbagi tentang surat edaran pendaftaran PPG dalam jabatan tahun 2018 yang memuat prosedur dan juga syarat pendaftaran, maka pada postingan kali ini admin mencoba berbagi pengalaman bagaimana melakukan proses pendaftaran secara on line. Coba log in menggunakan user dan password yang telah diperoleh ke http://app.simpkb.id dan cek status anda, apakah anda termasuk salah satu yang diundang dalam pretes PPG. Jika anda diundang, siapkan hasil scan ijazah asli dalam format jpeg/jpg/png dengan kapasitas minimal 100kb dan maksimal 100mb. Diundang atau tidaknya dapat dilihat pada gambar berikut.
Gambar 1a. Tidak diundang |
Gambar 1.b Diundang |
Apabila muncul seperti Gambar 1.b dan anda telah tersertifikasi atau telah lulus dalam PLPG tahun sebelumnya maka abaikan undangan ini dengan cara klik pada button NANTI SAJA, namun jika tidak maka ikuti langkah-langkah berikut:
- Klik pada button MENDAFTAR maka akan tampil kotak dialog berikut
- Klik lagi pada button MENDAFTAR SEKARANG
- Lengkapi data mata pelajaran dan juga data ijazah sesuia dengan basic ilmu anda dengan cara klik pada panah mulai dari (a) jenjang mapel PPG yang diajukan, (b) bidang studi PPG yang diajukan, (c) kualifikasi ijazah, (d) tahun ijazah, (e) jurusan/ program studi. Sedangkan untuk (f) fakultas, dan (g) nama perguruan tinggi dapat diisi sesuai ijazah seperti pada gambar berikut
- Pada upload foto scan ijazah asli klik button FILE maka akan tampil sebuah kotak dialog yang mengarahkan anda untuk memilih lokasi dimana letak anda menyimpan file hasil scan ijazah. Jika sudah temukan, klik file tersebut dan press OPEN seperti gambar berikut. Ingat file anda tidak boleh melebihi 1 mb
- Setelah seluruh data diisi dan file ijazah telah diupload press LANJUTKAN maka akan tampil data dan juga hasil upload ijazah anda seperti gambar berikut
- Pastikan bahwa semua data anda telah sesuai, jika belum sesuai bisa anda ubah dengan press button KEMBALI. Apabila anda yakin telah sesuai silahkan press button DAFARKAN maka akan tampil sebuah kotak dialog baru seperti gambar berikut
- Press TIDAK jika ingin kembali untuk mengubah data anda, namun jika yakin silahkan press YA. Tunggu beberapa saat. Jika berhasil maka akan tampil hasilnya seperti gambar berikut
- Sekarang saatnya cetak ajuan sebagai bukti anda telah terdaftar dengan cara klik pada button CETAK BUKTI AJUAN maka akan tampil seperti gambar berikut
- Klik pada SAVE untuk menyimpan file berformat pdf pada komputer anda. Tulis nama file, dan pilih lokasi tempat penyimpanan yang mudah untuk ditelusuri kembali. Namun jika tersambung dengan printer, maka anda dapat langsung mencetak
- Jika telah semua proses telah selesai, silahkan log out dan buka kembali file yang telah anda simpan. Silahkan cetak dan simpan sebagai bukti anda telah terdaftar seperti gambar berikut
Jika ada pertanyaan tinggalkan dikolom komentar atau fast respond di WA: 085237600250
0 komentar:
Posting Komentar